CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 06 Januari 2009

Pengalaman Berharga

Yoi! Pelajaran Berharga maksudnya tuh bukan buku pelajaran yang harganya 28.000. Biasanya kan buku-buku pelajaran harganya segituan ya? Tapi buat kali ini, kita ngga bakal bahas yang namanya Buku pelajaran Berharga 28.000. Kita bakal bahas pelajaran Berharga yang sebenernya!

Baca gak ngabisin waktu, gak ngabisin tagihan internet (makanya copy paste aja di Ms Word), juga ga rugi. Kalian bakal dapet pelajaran berharga pula. Kurang apa nggak nih basa-basinya? Cukup kali ya? So, check this out! (Nih cerita walaupun copypaste tapi kan berguna. Iye kaga?)

Pelajaran Berharga

Ini adalah sebuah kisah sederhana tapi sungguh
sangat menyentuh. Berawal di sabtu siang
bolong.Waktu itu aku lagi nunggu taksi yang
nakal nganterin aku ke Plaza. Lama banget angkutan nggak kunjung lewat, kalaupun ada udah penuh sesak.,
Padahal biasanya cepet banget. Sambil bengong
nunggu, mata ini tertuju pada seorang bapak tua
dengan tampang semelas-melasnya jualan “sermier”
sejenis krupuk dari singkong parut.- khas makanan
udik. Ternyata pak tua itu udah dari tadi ada di
sebelahku - beristirahat. Aku inget makanan
yang dijual pak tua itu waktu masa masa sulit
ekonomi ortu dan sering dibelikan jajanan itu oleh
ibuku. Dalam hati aku mbayangin siapa yang mau
beli kerupuk di kota ini ?
Masih laku ta jajanan udik murahan kaya gini?....
Apalagi pak tua lagi berada di jalan protocol Huh
Sampai sejauh mana dia harus berjalan
menyusuri jalanan metropiolis ini untuk
mendapatkan pembeli?? Lha wong sekitarnya gedung-
perkantoran dan jarang sekali orang berjalan
kaki?? Berapa omset dia seharian?? Cukupkah
keuntungannya buat makan? buat naik angkot???
Sebenarnya ada keinginan untuk membelinya, tapi
aku kan mau ke plaza..Masa’ bawa tentengan tas
kresek kecil transparan berisi krupuk udik?? ya
gengsi dong!! hehe ... Tapi aku kasian sama pak
tua ini.
Akhirnya aku deketin dia dan aku kasih dia uang
lima ribuan, “Monggo pak buat beli makan nggih
...”

Tapi diluar dugaan.. respon pak tua itu
sungguh mengejutkan! Dengan sopan dan tulus pula
dia menjawab “ Nyuwun sewu nak nggih, kula
sadeyan..mboten ngemis, nyuwun sewu nggih nak,
saestu!” ( maaf ya nak , saya ini jualan, nggak
ngemis, sungguh minta maaf).
Daag!.. Seperti tertampar rasanya, bukan karena
penolakan dia tapi karena betapa malu - kerdilnya
aku! Hari gini ... masih ada orang seperti dia???
Aku yang secara ekonomi jauuhh.. lebih makmur dari
dia ternyata tak pernah punya keberanian menolak
segala “pemberian” di kantor dengan mencari segala
pembenaran dan berbagai dalih pula!! Padahal
sejatinya tak kan mati kelaparan bila aku
menolaknya! Tidak seperti Pak tua itu, uang lima
ribu mungkin sangat berarti.. Tapi demi prinsip
dan harga diri, beliau mampu menolaknya! Akhirnya
dengan sopan pula aku katakan kalau begitu aku
membelinya sepuluh ribu buat oleh-oleh, dan pak
tua itupun tersenyum sambil berujar “Matur Suwun
nggih nak!”
Akhirnya di taksi, aku merenungi peristiwa tadi,
Aku yang menurutku lebih kaya, lebih
berpendidikan, lebih modern, lebih gaul, bahkan
lebih mengerti agama dan segala kelebihan lainnya
dibandingkan Pak tua tadi, ternyata dalam hal
mempertahankan harga diri dan prinsip aku kalah
telak, bahkan sangat telakk! Dengan berbagai dalih
dan pembenaran aku tak bisa menolak “pemberian” di
kantor. Tragisnya “pemberian“ itu kadang kupakai
untuk membeli atribut/barang-barang biar aku
tampak punya “kelebihan” dan tampak mentereng.
Terimakasih Pak tua, engkau telah memberi
pelajaran hidup yang sangat berharga.

Taken From: http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=2410.0

0 komentar: